Black Moustache

Selasa, 17 April 2012

Belajar Gitar Dengan Mudah Dan Cepat

            Selamat pagi buat yang masih bisa ngerasain hangatnya mentari hehe. Saya akan mengulas gimana sih caranya belajar gitar yang gampang, simple dan nggak ribet kayak di situs-situs lainya. Siapin dulu nih alat dan bahan yang dibutuhkan :

1. Niat
Kalo mau belajar itu yang pertama butuh niat gan, butuh nyali. Sampai dimana sih kemampuan kita untuk memahami sesuatu. Kalo kita udah gak ada niatan, ya mendingan gausah diterusin belajarnya, mendingan juga tidur hehe.

2. Kesabaran
Dalam proses belajar itu kesabaran sangat penting sobat, kan zaman sekarang nih anak-anak muda pengenya yang cepet-cepet aja atau istilahnya "Secara Instan" lah.

3. Gitar
Untuk belajar gitar pastinya kita butuh gitar kan inget GITAR bukan Gendang atau bedug dan sebagainya. Pastikan gitar anda udah ada senarnya hehe.

Apa sih gitar itu ? 
Gitar adalah salah satu alat musik yang mempunyai nada do re mi fa sol la si doo. Gitar mempunyai banyak jenis ada Akustik, Klasik, Dan Elektrik. Penggunaan gitar disesuaikan dengan lagu yang dibawakan.

Dalam proses belajar kali ini sobat bisa pakai gitar akustik atau klasik. Apasih bedanya ? kalo klasik itu rata-rata pakai senar nylon dan akustik memakai senar String. Senar String cenderung lebih tajam buat para pemula. Jadi kalo mau lebih gampang pakai senar nylon aja.

Gimana kalo gak punya Gitar ?
Dulu sih saya juga awalnya belum punya gitar, terus gimana dong belajarnya ? ya saya pinjam gitar ke teman saya hehe. Tau gak rahasianya biar bisa cepet main ? "Rahasianya kita harus sering megang gitar itu" ya bisa disebut PDKT lah. Dimulai dari gimana posisi kita megang, gimana genjrengan atau petikanya. lama-kelamaan saya mutusin untuk beli gitar sendiri, yang harganya lumayan murah Rp. 140.000 dengan jenis akustik.

Bagian-bagian Gitar :

1 Tunning Key/Penyetel Senar Gitar
Bagian ini berfungsi untuk mengatur senar Gitar.














2. Nut











 3. Fret











Nah ini ane kasih tau aja bagian lengkapnya :






















Senar itu dimulai dari yang paling bawah yaitu : Senar 1,2,3,4,5,6 dengan setelan normal.
Senar 6 : E > Senar Bass
Senar 5 : A > Senar Bass
Senar 4 : D > Senar Bass
Senar 3 : G > Senar String
Senar 2 : B > Senar String
Senar 1 : E > Senar String

Usahakan gitar anda distem oleh orang lain jika anda belum bis menyetelnya sendiri.

Terus kapan nih belajarnyaaaa ? haha sabar sobat. langsung aja nih saya kasih tau gimana belajarnya..

Langkah-langkah belajar gitar :

1. Pastikan sudah memegang gitar dengan posisi yang benar ( gitar dipangku, tangan kiri memegang fret dan yang kanan memetik senar)
2. Cobalah untuk menggenjreng gitar, genjreng atau petiklah dengan asal. Lakukan terus menerus sampai mulai terasa  biasa dan tidak kaku. Lakukan latihan ini kurang lebih 1 hari Full
3. letakkan jari telunjuk kiri anda di fret 1, dan jari tengah di fret 2, dan jari manis di fret 3. tekan-tekan kan jari anda difret 1,2,3 secara bergantian sambil dipetik dengan jempol dan jari telunjuk kanan. Lakukan latihan ini selama 3 hari.
4. Dan letakkan jari telunjuk kiri  anda di senar 6 di fret 1, jari manis di senar 6 di fret 3. cobalah lakukan secara menurun mulai dari senar 6 samapi senar 1. Latihan ini dilakukan untuk mempermudah perpindahan kunci.
5. Jika anda kesulitan dalam menggunakan chord normal, gunakanlah chord balok terlebih dahulu.

Apa itu Chord Balok ?
Chord balok adalah kunci yang hanya menggunakan 3 senar bas, yaitu senar 6, 5, 4. Sedangkan chord normal menggunakan senar bass dan string.

6. Cobalah menggenjreng kunci, misalnya Kunci F

Kunci F Balok
Kunci F Balok : Jari telunjuk disenar 6 fret 1, jari tengah di senar 5 fret 3, dan jari manis disenar 4 fret 3.
Jika posisi kunci F digeser 2 fret akan menjadi G, digeser 2 fret lagi menjadi A digeser 1 fret lagi menjadi B.

Kunci Bb Balok : Jari telunjuk disenar 5 fret 1, dan jari kelingking di senar 4 pada fret 3. jari tengah dan jari manis diletakkan pada senar 6 fret 2 namun tidak ditekan (hanya menempel). Jika kunci ini digeser 2 fret akan menjadi kunci C, dan seterusnya D, E.

Jadi susunan kunci Balok adalah :
Atas > F  G  A  B
Bawah > Bb  C  D  E


PERHATIKAN BAIK_BAIK ! BACA DENGAN TELITI !

Kunci F Normal : Jari telunjuk di senar 2 pada fret 1, jari tengah pada senar 3 fret 2, dan jari manis di senar 4 pada fret 3
Kunci G Normal : jari telunjuk di senar 5 pada fret 2, jari tengah di senar 6 pada fret 3, dan jari manis di senar 1  pada fret 3
Kunci A Normal : jari telunjuk di senar 4 pada fret 2, jari tengah di senar 3 pada fret 2 dan jari manis pada senar 2 pada fret 2
Kunci C Normal : jari telunjuk pada senar 2 di fret 1, jari tengah di senar 4 pada fret 2, dan jari manis di senar 5 pada fret 3
Kunci D Normal : jari telunjuk pada senar 3 di fret 2, jari tengah pada senar 1 di fret 2, jari manis di senar 2 pada fret 3
Kunci E Normal : jari telunjuk pada senar 3 di fret 1, jari tengah pada senar 5 di fret 2 dan jari manis di senar 4 pada fret 2

Kunci-kunci lainya bisa anda cari sendiri heheehe

Jika suara / bunyinya aneh mungkin jari anda kurang ditekan, tekankan walaupun terasa sakit. Inilah yang dinamakan Usaha. Mulailah dengan menggunakan kunci balok karena perpindahan kuncinya hanya menggeser/sliding saja. Jadi akan terasa mudah untuk pemula (saya pun belajar dengan kunci Balok).

Jika anda sudah lancar dan hafal kunci-kuncinya, mulailah untuk memainkan sebuah lagu. Contoh : Avenged Sevenfold Dear God.
Chordnya adalah :
Intro. F C Dm Am Bb F C
sepanjang lagu ulangi chord diatas
Reff : F C Dm C Bb F C

atau anda dapat menggunakan lagu Someone Like You - Adele Lihat Chordnya Disini 

Insya Allah dalam 1 bulan jika anda tekun dan rajin latihan dan berdoa, maka anda sukses dapat bermain gitar. Dibutuhkan tekat kuat dalam belajar, anda juga bisa mengikuti les gitar namun biayanya sedikit mahal apalagi untuk orang seperti saya heheehe.

Jika anda sudah bisa bermain gitar, silahkan belajar Menyetel gitar pada blog teman saya Belajar Disini..  

Jika anda ingin belajar offline Silahkan Download Disini Gratis

Artikel ini 100% Buatan saya, tanpa campur tangan orang lain, jika anda ingin mengcopy-paste artikel ini silahkan cantumkan sumbernya. Ingat Tuhan Maha Mengetahui. Assalamualaikum.


Copyright © 2012 Fadhlizaky’s Blog






























Ping your blog, website, or RSS feed for Free

4 komentar:

  1. Gan , ane udah bisa lagu kiss me , cuma ane KAKU banget kalo mindahin kunci ke Bm , gimana ya mudahnya,
    makasih sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tips dari ane sih pake karet aja gan. Dulu temen ane gitu, jari-jarinya diiketin karet supaya agak susah pindahnya, lama kelamaan jadi cepet pindahnya soalnya udah terbiasa pake karet jarinya. Jangan lupa sering-sering berlatih ;)

      Hapus
  2. Salam kenal...bagi yg ingin memperdalam permainan gitar dari bemula hingga mahir secara praktis dan lengkap, silahkan download juga pelajarannya GRATIS di www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  3. bang bedanya kunci balok sama kunci power chord itu apa ya, soalnya saya masih bingung cara bermain kunci balok

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...