Black Moustache

Minggu, 15 Juli 2012

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital Yang Baik

               Heiho sobat ! Sudah dengar kah dengan Lomba yang diadakan oleh NGAWUR alias Ngeblog Jawa Timur dan di dukung oleh Pusat Teknologi dan Blogger Nusantara ? Nah kalau belum yuk buruan daftar dan temani saya mengikuti lomba blog ini (FYI : Ini bukan kontes SEO). Di zaman modern ini hidup saya sudah dipenuhi oleh berbagai macam perangkat digital, mulai dari Komputer, Handphone, dan Kamera. Sekarang tinggal bagaimanakah kita memanfaat kan itu semua sobat menjadi hal-hal yang berbau positif dan tentunya bermanfaat.

              Sejak kelas 6 SD saya sudah mempunyai sebuah handphone, saya sangat senang waktu itu. Pada saat itu saya memanfaatkanya sebagai alat komunikasi dengan orangtua, berfoto-foto dan bermain games. Ya  handphone saya belum memiliki fitur mp3 dan hanya didukung dengan kamera VGA. Itu saja sudah cukup untuk saya pada waktu itu.

            Namun seiring berkembangnya zaman, menginjak kelas 1 SMP dengan prestasi saya yang bagus dan memuaskan saya dibelikan handphone baru oleh orangtua saya yaitu Nokia 6300, perasaan saya sangat senang sekali karena handphone saya yang baru ini sudah didukung fitur mp3 dan kamera 2 megapixel. Pada waktu itu saya belum mengenal yang namanya dunia internet, dan hanya sekedar menggunakan handphone sebagai hiburan di kala penat menghampiri.

          Akhirnya, handphone saya berevolusi menjadi Nokia 5320 XpressMusic, mendengar judulnya hati sudah sangat ingin menyentuhnya. Pada waktu itu handphone saya sedang dalam masa keemasanya dan belum terkalahkan oleh hadirnya BlackBerry dan Android. Katakanlah saya belum memanfaatkan potensi handphone saya dengan baik, alhasil handphone ini rusak tercuci di dalam Mesin cuci karena kecerobohan saya. Serta karena kebiasaan saya yang buruk yaitu facebookan sambil mengecas handphone, akhirnya handphone yang istimewa ini rusak dalam jangka 3 tahun. Alangkah sedihnya hati saya saat itu, kini saya sadar saya belum memanfaatkan teknologi digital dengan baik sobat.

Tolong jangan tiru perbuatan saya diatas, sekarang saya sudah menginjak kelas 2 SMA. Sudah cukup jauh memang perjalanan saya, dengan mengenal Blogger, Friendster, Facebook bahkan Twitter. Bagaimanakah cara saya memanfaatkan semua media tersebut ? Simak yuk..

1. Blogger
               Komputer dirumah ternyata belum memuaskan hati saya, alhasil saya blak-balik ke warnet untuk mendownload software-software terbaru. Maklumlah pada saat itu komputer saya belum dilengkapi modem untuk berselancar di Internet. Hari ke hari saya telah dikenalkan dengan blogger, pertama saya hanya menggunakanya sebagai ajang curhat (maklum lah masa-masa labil). 

               Akhirnya dengan penuh tekad dan hobby dan seseorang yang menginspirasi saya yaitu Benazio Rizki atau akrab di panggil Bena Kribo, saya dapat membuat blog saya menjadi lebih bermanfaat. Alhamdulillah komputer saya sudah dilengkapi dengan modem sekarang, tentunya sangat saya manfaatkan dengan baik. Contohnya seperti berbagi informasi, mengikuti lomba-lomba blog dan menulis artikel yang mendukung Indonesia Go-Blog. Katakanlah disini saya berhasil menjadikan komputer dan internet menjadi sarana yang mendidik, membuka wawasan dan membuat saya menjadi kreatif, inovatif, dan memiliki motivasi hidup yang tinggi.
2. Jejaring Sosial
             Sama dengan blogger, begitu juga dengan facebook dan twitter. Awal kelas 1 SMP saya sudah dikenalkan dengan yang namanya friendster, karena rumit saya berpikir lebih baik tidak digunakan. Sampai akhirnya diajak teman saya membuat facebook, awalnya saya tidak tahu fungsinya untuk apa namun sekarang facebook dan twitter saya jadikan sebagai sarana informasi dan komunikasi. Terutama dengan teman-teman lama seperti Teman SD dan SMP. Saya juga kaget ketika adik kelas saya yang baru kemarin mengikuti MOS di SMAN 3 Surabaya sudah disuruh membuat tweet tentang SMAN 3 SBY dan mendapatkan informasi untuk perlengkapan MOS melewati media Twitter.

Info MOS melalui Twitter :)
Info MOS melalui Twitter :)

Info MOS dan himabauan untuk tweet #SbyMos
Info MOS dan himabauan untuk tweet #SbyMos
Sampai sekarang masih banyak tweet tentang MOS di Surabaya
Sampai sekarang masih banyak tweet tentang MOS di Surabaya
                Salah besar jika kita memandang facebook dan twitter hanya dari sisi negatifnya saja, ternyata manfaatnya sangat besar. Selain lebih jelas, sekarang juga lebih hemat pulsa karena sudah banyak provider yang menyediakan paket Internet Unlimited dengan harga murah. 


3. Media Pembelajaran dengan Proyektor
                    Teknologi saat ini sudah sangat modern dan friendly-user terbukti saya selama ini belajar dapat menggunakan slide powerpoint yang di presentasikan dengan LCD Proyektor oleh guru di sekolah maupun tempat les saya. Saya rasa penggunaan media proyektor ini membuat materi yang disampaikan lebih jelas dan menarik sobat.

                Dengan bermunculanya teknologi baru yang lebih canggih seperti I-Pad dan Tablet PC lainya. Teman blogger saya membuat games yang berbau tradisional dan melatih keterampilan anak, disini anak-anak juga bisa menikmati I-Pad untuk sekedar hiburan. Baca selengkapnya disini http://diarykhansa.blogspot.com/2012/06/aku-cinta-anak-indonesia.html.

                Pemanfaatan teknologi digital sekarang juga telah diterapkan oleh keluarga saya, beberapa minggu yang lalu adik saya mengikuti lomba foto yang diselenggarakan oleh kompas. Mohon maaf karena foto tidak saya sertakan karena saya tidak tahu dimana adik saya menyimpanya. Dengan adanya Komputer saya sudah memanfaatkan teknologi digital dengan baik yaitu sebagai berikut :

Lomba Blog Review DISKON.com
Lomba Blog Review DISKON.com
Lomba Susu Halal oleh Frisian Flag
Lomba Susu Halal oleh Frisian Flag
Lomba Blog Paling Indonesia dari Telkomsel
Lomba Blog Paling Indonesia dari Telkomsel
Organisasi Blogger Shout Out
Organisasi Blogger Shout Out
                  Sangat beruntung sekali saya karena sudah memanfaatkan teknologi digital dengan baik, kini saya sudah menguasai software-software dan Sistem Operasi seperti Windows Xp, dan Windows 7. Manfaat yang saya ambil adalah memudahkan menulis (karena sudah banyak menulis di blog), mahir dalam instalasi software dan sistem operasi, Tidak ketinggalan informasi melalui jejaring sosial, dan lain-lain.

                  Sudah saatnya kita bangkit dan berubah menjadi lebih baik, dan katakan 
THINK POSITIVE ! lakukan apa yang kita cintai asalkan berbau positif dan bermanfaat. Tidak ada salahnya untuk mencoba, demikianlah pengalaman saya dalam memanfaatkan teknologi digital. Bagaimana pengalamanmu ?


Presented by Ngawur, Powered by Pusat Teknologi
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

9 komentar:

  1. mantap nih. sob..
    tapi ya itu tadi..
    twitter musti selalu live..
    ketinggalan sehari aja udah banyak twutt baru,.
    hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya dia beda sama facebook, lebih simple namun agak rumit buat pemula :)

      Hapus
  2. salam hangat dan sukses selalu.. :)

    BalasHapus
  3. MANTAP, please kunjungan baliknya! -Rudyanto Lay

    BalasHapus
  4. selamat mengikuti lomba,
    salam kenal.
    kunjungi balik ya.
    trims ^.^

    BalasHapus
  5. Mantap.. Bloggers shout out! :D
    Parakali itu hengpon kecuci.. haha
    Kalo gue pernah teledor juga.. jatoh karena naro di kantongnya gak bener.. nagis kejer.. :'(
    Manfaatkan social media.. banyak gratisan! XD
    <--- Pemburu gratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, saking semangatnya nyuci celana jeans di mesin cuci ehh handphone nya jadi kebawa juga. Bru sadar pas udah kerendem bunyi glodak2.

      Hapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...