Black Moustache

Selasa, 31 Juli 2012

Tips bikin Belajar menjadi Seindah Cokelat


               Heeloo guys gue balik lagi nih buat share sesuatu yang bermanfaat, yang pasti lo nggak bakal dapet mudharatnya deeh. Jangan pernah mikir kalo gue bakalan bikin kalian belajar sambil makan cokelat dan badan kalian itu yang imut-imut akan menjadi seperti ronny dozer atau tike priyatnakusumaahh.

Oke itu yang jelas cuma judul men, inget lo puasa ! Awas aja kalo lo sampe jilatin nih cokelat diatas yang ada di layar monitor lo. Gue yakin laptop/pc lo bakalan kena virus rabbies yang kagak ada obatnya atau HIV stadium 4 (emang HIV ada stadiumnya ?) Atau lebih parah komputer lo bakalan kena kanker otak terus teruss.. Udah dulu ya berimajinasinya men !

Berdasarkan pengalaman-pengalaman gue selama hidup di dunia dengan banyak penderitaan, tentunya juga banyak kebahagiaan yang gue dapet. Belajar merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi sebagian remaja, apalagi cowok beuuhh. Kenapa sih kita males belajar ? 

Berikut ini adalah faktor yang bikin kita males belajar :

1. Nggak ngerti pelajaranya dan benci sama gurunya
2. Males liat buku setumpuk banyak banget
3. Emang nggak niat belajar
4. Lagi galau
5. Lagi ngejar-ngejar seseorang (gebetan)
6. Lagi halangan belajar (Whaatt ?!!)
7. Lagi sibuk nge-game
8. Belum Sekolah
9. Asik Liburan
10. Kekenyangan kolak segentong pas buka puasa

Nah, darisini elo-elo pada bisa liat manakah faktor yang bikin lo males belajar ? Lo bisa milih salah satu asal jangan semuanyaa karena kalo lo milih semuanya berarti lo anak yang BEGO BANGETT !

Lo tuh harusnya mikir, orangtua udah susah payah banting mc tyson dan meres jemuran cuma buat ngebiayain lo sekolah. Durhaka tau nggak, lo udah dikasih semuanyaa tapi mana ? Mana bales jasa lo sama ortu yang ngebesarin lo, dari lo lahir keluar dari bungkus chiki sampe segede gini ! Wah parah lo, kudu saatnya kita bertaubat men ..

Kita itu udah pada gede-gede udah saatnya kita berevolusi menjadi dinosaurus raksasa Anak yang berbakti sama kedua orangtua, ganteng, pintar dan famous !

Pernah nih guru gue bilang "Pinter itu bisa bikin kita jadi ganteng atau cantik, sejelek-jeleknya kita kalo kita pinter kita nggak bakal di pandang sebelah mata".

Coba deh lo bayangin, tau nggak Albert Einstein ? Rambutnya dia pernah jadi tren tuh, trus juga banyak sekarang orang-orang yang mengidolakan dia, masang posternya di kamar bahkan di jidat. Kita kan ngga tau kalo di rambutnya itu bisa jadi banyak kutunya atau dia juga jarang mandi. Nah loh sekarang ngapain lo mengidolakan orang kaya gitu ?

Alasanya satu kan ? Yap dia "PINTAR", sekarang lo bisa mikir kan bahwa jadi pinter itu asik. Einstein yang kaya gitu aja terkenal apalagi lo yang ganteng-ganteng atau yang cantik-cantik ? Lo bakalan jadi anak favorit di sekolah, lo bakal di sayang ortu, lo bisa kuliah di luar negeri, bahkan lo bisa jadi bintang di iklan axe atau jadi member chibi yang baru (maybe yes, maybe no).

Setelah kita tau kalo belajar itu punya manfaat seabrek-abrek dan nggak ada habisnya, sekarang gue mau ngasih tips nya nih gimana cara belajar yang enak dan pastinya masuukk !

First, rapihin dulu buku-buku lo (susun buku yang mau dipelajari). Matiin hp bilang sama pacar lo, kalo lo mau belajar dulu. Pilih tempat yang nyaman misalnya : Kamar, pake lampu yang terang (awas jangan pake lampu sorot stadiun bola). 

Second, setelah lo mengikuti prosedur diatas silahkan ikutin cara belajar gue yang kereen dan kreatif !

1. Beli lah buku catatan yang bersampul lucu-lucu atau keren-keren
            Buku yang lucu-lucu juga bikin kita mood buat belajar loh, dia merupakan moodbooster yang paling bagus. Lo bisa beli buku dengan cover yang keren (contoh : Gambar idola) atau bukunya disampul yang unyu-unyu (contoh : Gambar Kartun). Gue jamin deh lo bakalan lebih semangat belajar, karena cover bukunya aja udah keren apalagi isinya nanti ? Hehe. Nih perangkat belajar yang biasa gue pake :

Buku unyu-unyu
2. Bikin catatan jadi warna-warni
                Udah pernah belum bikin catatan lo warna-warni ? Menurut gue sih kalo catatan kita hitam semua itu bakalan ngebosenin, sama prinsipnya sama blog yang pakai template warna hitam. Apalagi kalo itu pelajaran eksak kaya : Kimia, Fisika, Matematika. Lo bakal mikir dua kali buat belajar, karena liat catatanya aja udah serem banget warna hitam semua. Dan misalnya nggak bisa pelajaran itu bakalan tambah sulit buat belajar. 

Otak lo itu butuh sesuatu yang bikin dia semangat, nah sesuatu itu dimulai dari mata. Mata kita cenderung meilhat benda mencolok terlebih dahulu. Contoh : Lo kalo liat cewek cantik dari mananya dulu nih ? #digamparcewek. Pasti lo bakal lihat yang mencolok duluan kaya bajunya misalnya bajunya dia full colour dll deeh.

Jadi nggak ada salahnya buat bikin catatan lo warna-warni kaya gue. Modal paling cuma lima rebu udah dapet pulpen warna hitam, merah, hijau, biru. Inget ! Jangan pakai warna kuning, karena bakal nggak keliatan. Soalnya kuning sama putih itu sama-sama mencolok warnanya. Nih catatan gue yang imut-imut :

Catatan Fisika (Vektor kelas 2 IPA SMA) 

Catatan Kimia (Ikatan Ion kelas 2 IPA SMA)
           Silahkan di klik kalo lo nggak percaya itu bahas tentang apaan. Yes men, itu beneran bahas fisika dan kimia yang menurut lo mungkin sulit. Tapi bagi gue itu mudah karena otak gue bisa menconvert dan menangkapnya dengan cepat berkat bolpoint warna-warni tadi.

3. Bikin Rangkuman 
              Nah ini gue kemarin habis share sama temen gue yang sekolah nya pake buku bilingual (Inggris-Indonesia). Gue tanya sama dia gimana sih dia belajarnya ? Gue yang pake bahasa Indonesia aja kadang susah mudengnya. Apalagi dia yang pake dua bahasa, bahkan katanya sekarang udah full english men.

Ternyata rahasianya adalah merangkum, dalam merangkum kita bisa sekaligus bikin rangkuman sambil baca-baca. Nggak terasa 1 jam lo udah belajar dengan membuat sebuah rangkuman. Biasanya yang dibuat rangkuman itu biologi atau pelajaran Ips men. Pasti lo susah kan baca semua, dan belum pasti soal itu keluar pas ulangan. So bikin rangkuman itu baik buat lo !

4. Nulis yang Rapih
              Kalo tulisan lo jelek gimana mau belajar ? Liat aja udah serem, iya ngga ? Jangan meniru guru-guru lo yang nulis seenaknya aja men, mereka udah dewa. Dan merekalah satu-satunya yang bisa membaca tulisannya sendiri. Sedangkan lo masih pemula, jangan ikut-ikutan nulis sambung yang acak-acakan bahkan tulisan alay haduuhh. Ini juga buat lo, lo sendiri yang baca. Iya kan, bener nggak ?

Mulai sekarang nulis yang rapih yap, walaupun lo belum mengerti keseluruhan materi. Tapi lo nulisnya rapih, gue yakin kok lo bisa nangkep materinya dan sukses pas ulangan ! Goodluck..

5. Bikin hiburan disela-sela belajar
              As a human, we also need some relaxation.. Karena otak kita kerja keras buat belajar mati-matian. Khususnya buat yang punya guru killer atau suka ngajar seadanya.

"Maksudnya apa sih guru ngajar seadanya ?"

Iya guru yang suka nerangin seadanya, nulis nggak jelas, terus kalo ditanya suka marah men. 
Nah disini kita harus lebih kreatif kalo punya guru kaya gini, kita bisa belajar bareng atau ikut bimbel sama temen-temen. Tapi dengan syarat bimbelnya yang kualitasnya bagus buat ngajarin lo, bukan bimbel yang sekedar mahal doang tapi kualitasnya nol !

Untuk hiburannya lo bisa belajar sambil dengerin lagu, lagunya gue saranin jangan yang rock atau scream kaya Killing me Inside, Asking Alexandria, Avenged Sevenfold itu nggak recommended banget buat nemenin lo belajar. Kenapa ? Karena lagu juga mempengaruhi suasana hati men, pake lagu yang rada nge-beat aja tapi cool kayak jazz bisa pake lagunya Stevie Wonder, Tompi, Depapepe atau Whitney Houston. Lo juga bisa pake lagunya Adele, One Direction, Maroon 5, Westlife, Avril Lavigne etc lah. 

Inget ! Lagu ini cuma buat nyemangatin, jangan sampai lo terpengaruhi oleh lagunya terus nggak fokus deh belajarnya.. Terus jangan milih lagu yang bikin tidur juga, yang ada lo malah ngilerin buku deh bukannya belajar.

"Hmm gimana kalo bosen sama lagu ?"

Yap pertanyaan bagus, lo bisa gitaran sendiri aja. 
Kaya gue niih hehe, selain bikin pikiran fresh kita juga bisa latian tarik suara hehehe. Jadi berikut ini adalah perlengkapan belajar gue :

4 Buku rangkuman dan 1 Gitar.
           Nah sampai disini gimana ? Udah paham kan kenapa belajar itu penting, makanya mulai dari sekarang jadilah anak yang kreatif. Jangan pernah terpaku dengan suatu aturan, pesan gue satu :

"Selama hal itu positif dan bermanfaat, kenapa kita nggak coba lakuin hal-hal baru.."

Yap, semua pasti mulai dari nol lah. 

Sekarang jadikan dirimu pribadi yang ngga dipandang sebelah mata, pegang terus prinsip gue yaitu "From Zero To Hero" karena  "Everyone Can be A Hero"

Tetap semangat ya buat belajarnya, emang guru-guru pas bulan puasa pada nyantai. Eh pas habis lebaran taunya langsung ulangan dadakan dehh, kan kalo kita udah belajar dari sekarang nggak perlu takut lagi nilai ulangan jadi jelek men. 

Oke thanks buat baca artikel gue kali ini !

Salam Kece,
Fadhli Abdurrahman Zaky


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

7 komentar:

  1. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
  2. tips yang baguus ...
    gue udah beli buku gambarnya pikachu malah diketawain anak sekelas men..
    hasilnya gue malu buka buku , jadi males nyatet deeh ..
    ini udah kronis ,-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal yang spesial dari pria itu "Berani tampil BEDA" lo harus buktiin bahwa Pria punya selera men =D

      Hapus
  3. Balasan
    1. yap semangat terus belajarnya :) Makasih udah baca ya =))

      Hapus
  4. Pada dasarnya gue tetep aja males belajar -_-v

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...