Black Moustache

Sabtu, 18 Agustus 2012

Sstt.. Ini dia ABG SMA Zaman Sekarang

Sun Rise di Pantai Kenjeran 05.30 AM
"Sejenak merefreshkan pikiran dari kefanaan dunia, atas umurku yang kian berkurang. Kini aku sadar aku seorang ABG SMA. Menembus matahari fajar untuk menuntut ilmu, menutup hari dengan tenggelamnya matahari di ufuk barat. Terbayang vektor fisika, ikatan kimia dan matematika merusak akal dan pikiranku. Membuat hidup ini begitu sempit dan terbatas oleh waktu.

Hari demi hari diselingi pesan yang tak tersampaikan. Amarah yang terucap menusuk-nusuk hati, membuatnya panas sehingga tak bergairah lagi. Tuhan, begitu berat cobaan yang engkau berikan. Aku hanya ingin menikmati masa-masa remajaku. Akankah engkau mendewasakanku lebih dahulu ? Jika iya, maka mudahkanlah aku berjalan diatas bidang yang telah Engkau tentukan ini. 
Demi kehidupan yang layak kelak di masa depanku nanti.

Aku telah lelah mengeluh dan mengeluh. The golden ways, from zero to hero memaknai hidupku setiap harinya. Mungkin aku jarang mengingatmu Tuhan, maafkanlah kelabilanku yang justru menyengsarakanku di dunia yang sementara ini.. Maafkanlah.. Oh Tuhanku"

Secangkir kopi menemaniku di malam hari ini.. Melepas semua ide-ide cemerlang, menjatuhkannya diatas sebuah media digital yang mulai merusak mata.

Remaja, sungguh malang nasibmu.. Dikejar-kejar waktu, selalu mencari kebahagiaan atas hal-hal yang baru. Tak peduli cemoohan orang lain, hanya fokus mencari jati diri yang sesungguhnya.

Merefleksikan ide-ide yang diperoleh, serta selalu mencari sesuatu yang bernama kebebasan. Berselancar di dunia maya, hanya untuk satu tujuan yaitu ingin dikenal orang lain dan menjadi kebanggaan.

X-4 With Andhika Sensei
               Yap begitulah sekilas info tentang ABG SMA Zaman Sekarang, yang membedakannya hanyalah tempat dan waktu yang terus berputar. Kadang gue galau, kadang gue seneng. Hidup itu macem-macem nggak setiap harinya membahagiakan. Sulit buat ngontrol emosi emang, ya beginilah ABG SMA Zaman Sekarang.

               Parahnya, gue liat di google dengan keyword "ABG SMA Zaman Sekarang" dan yang keluar adalah hal-hal yang berbau negatif semua. Sejak saat itu gue mulai berteriak melalui post ini bahwa remaja adalah masa-masa keemasan dimana :

1. Badan masih sehat wal afiat
2. Ingatan masih jeli (tidak mudah pikun)
3. Badan selalu segar bugar
4. Wajah masih terlihat tampan dan cantik-cantik tanpa keriput
5. Jarang sakit meskipun sering begadang

              Masa-masa ini merupakan masa yang paling menyenangkan menurut gue. Dimana kita bisa beribadah tanpa mengenal encok, begadang tanpa masuk angin. Masa ini bisa nyesatin, bisa juga nguntungin men. Ini tergantung apa yang kita perbuat di masa remaja ini.

Sejak masuk SMA gue ngerasa kota gue sempit. Barusan kenalan sama yang ini, eh ternyata dia temannya ini, temennya ini lagi dan parahnya adalah gue jadi nggak bisa SELINGKUH *ups ini becanda.


              Di masa SMA ini juga masa kepo-keponya orang men, pengen tau aja. Pengen dapet hal baru, up to date biar dibilang gahoeel lah katanya. Serunya di masa ini kadang ada perilaku-perilaku yang aneh-aneh. Termasuk foto di toilet mall terus dijadiin buat foto profil.

              Masa SMA merupakan masa-masa yang akan menentukan masa depan kita nanti. Apa yang kita tanam, itulah yang kita petik. Jadi tanamlah emas sebanyak-banyaknya ya. Eh maksud gue bukan itu, maksudnya ya apa yang kita perbuat sekarang itulah nanti yang kita nikmati.

Misalnya kita sekarang fokus di ekskul basket, mungkin tahun depan lo udah bisa main di DBL, dua tahun lagi lo tau-tau udah masuk NBL dan 4 tahun lagi lo masuk NBA. Beda lagi kalo lo fokus di pacaran, mungkin 1 tahun lagi lo bakalan diselingkuhin, 2 tahun lagi udah nggak dianggap, 3 tahun udah di abaikan.

              Sebagai pelajar SMA baru, mungkin lo juga ngerasain hal yang sama kaya gue. Gue sering flashback sama apa yang gue lakuin, dan hasilnya kesialan lebih banyak hinggap dan kebahagiaan tidak tertangkap. Pengen balik ke smp kadang juga pengen cepet-cepet kuliah. Kenapa ? Karena liburan kuliah berbulan-bulan, dan nggak perlu lagi denger yang namanya Razia Rambut.

Begonya gue adalah pas liburan malah jadi sesuatu yang ngebosenin setengah mati. Padahal pas masuk udah pengen banget liburan. Disini posisi gue serba salah, saat liburan udah diujung tanduk barulah terasa betapa indahnya liburan gue.

           Apalagi pelajar IPA, yang pagi harus ketemu sama yang namanya FISIKA, dan besoknya ketemu lagi sama fisika. Aduh jangan-jangan gue jodoh nih sama fisika. Sayangnya gue ngga tau dia sekolah mana. Sialnya lagi kalo di IPA itu masih ada pelajaran sosial kaya PKN dan Sejarah. Masalahnya tugasnya itu  yang bejibun, emang sih ngajarnya santai. Pas ngumpulin tugas bisa pingsan deh. 

              Setelah gue ngacir kesana kemari, konsultasi dengan orang-orang yang udah pernah ngerasain SMA. Udah pernah ngerasain bolos sekelas, dan udah pernah ngerasain demo sekelas. Ternyata SMA itu nggak buruk-buruk banget. Dipikiran kita itu mungkin ABG SMA Zaman Sekarang hanya terlihat hal negatifnya aja.

Bagi gue itu cuma mitos, mungkin otak lo yang kurang waras. Atau mungkin lo terlalu capek. Gue tuh bosen ya, bosen dianggap begitu mulu. Buka google nulis "ABG SMA Zaman Sekarang". Munculnya cuma foto alay, kelakuan anak durhaka, foto panas lah dll. Yang gue bingung foto kok panas, anyway itu foto atau tahu isi ?

            Back to topic yaitu ABG SMA, sebenernya mereka itu punya banyak banget potensi yang bisa dikembangkan. Tentunya selain otak, fisik pun juga masih sangat kuat di masa-masa ini. Seperti temen-temen gue yang berhasil berprestasi di ekskulnya masing-masing. Berikut ini akan gue review deh juara-juaranya hehe.

1. Wushu
         Dulu gue juga pernah gabung di ekskul ini, tapi karena latianya yang malem banget kadang bisa sampai jam 11 malem (dulu) akhirnya gue memutuskan untuk keluar dari sana. Ternyata temen-temen gue beneran berhasil di ekskul ini, sukses terus deh !
       
         Setelah setahun berlalu, sekarang latiannya udah pindah jadi di aula sekolah. Enak kok kalo kita bisa wushu, selain bela diri disini juga dinilai dari keindahannya. Seandainya lo jadi juara pun nggak sia-sia kok, bukan cuma medali sama piala yang dibawa pulang tapi juga uang. Gimana ? Pasti ada kebanggaan tersendiri looh men !

FB : Uci Novian

Liat tuh medalinya banyaaak banget !
2. SKI
          Nggak semua remaja itu senengnya cari masalah dan yang lain-lain. Remaja adalah masa dimana seseorang sedang berkobar-kobar semangatnya. Nah untuk itu jika diarahkan ke hal-hal yang lebih positif akan lebih baik bukan ? Yap, contohnya adalah SKI ini. Nah ekskul ini dapat mengarahkan pribadi remaja menjadi religius, intellegent and good morality men ! 

          Berhubung ini lagi bulan ramadhan, SKI 3 mengadakan Takjil on The Road. Yaitu berbagi takjil di jalan seiring berjalanya juga pesantren ramadhan. Nih ada foto-fotonya, seru loh dapet pahala banyak lagi !

Takjil on The Road SKI 3 Surabaya

FB : Fatur Rahman
3. Dayung
            Ekskul ini boleh dikatakan kelas berat ya, salah sedikit push up, sit up. Hasilnya adalah badan lo bentuk deh jadi six pack, keren nggak tuh ? Yap buat yang pengen punya badan seperti rambo dkk bisa ikut ekskul ini. Di ekskul ini lo dilatih buat jadi pribadi yang disiplin dan kuat, bukan pribadi yang lemah gemulai.

            Prestasinya juga nggak kalah, udah berbagai macam lomba diikuti dayung SMAN 3 Surabaya ini. Berikut ini adalah foto-fotonya :

Juara 1 Dragon Boat Lokal Putra
        Masih banyak lagi deh kegiatan-kegiatan positif lainnya yang membuat kita menangkap banyak berkahnya. Maaf banget yang gue review cuma sedikit, karena ekskul lainnya belum ada foto dan keterangan lebih jelasnya. Sebenernya masih ada Cheerleader, Paskibraka, Smagapala, Smagawara, Teater, dan Bastig.

Inget guys jangan mau kalah sama HAP yang udah sukses sekarang, mulai dari nangkap-nangkap gak jelas, jadi keeper di belakang gawang, sampai ada yang namanya HAP Akademi. Begitulah Kelakuan ABG Zaman Sekarang, kadang sulit ditebak semuanya pasti serba surprise.

        Sebenernya simpel sih, apa yang menyebabkan kucing tetangga tidak perawan lagi remaja melakukan hal-hal negatif. Ya salah satunya adalah KURANG KERJAAN ! Nah cara untuk mengisi waktu luangnya yang membosankan, jadilah dan terciptalah hal-hal negatif seperti itu. Terus gimana sih cara memanfaatkan waktu luang yang baik ?

  1. Karena ini lagi bulan puasa, perbanyaklah tadarus, sedekah dan sholat sunnah.
  2. Kalo lo butuh yang bikin lemes, push up lah 500 kali (push up 3 jari juga termasuk)
  3. Kalo lo seneng mainan sabun, mending beli vaseline men dan foto sama motor lo (Insya Allah dapet Honda CBRnya)
  4. Kalo lo sering galau, mulailah bikin blog dan tulis kegalauan lo menjadi sebuah cerpen. Ujung-ujungnya tulisan lo bisa jadi novel kaya si @poconggg @radityadika dan @shitlicious
  5. Kalo lo hobi nonton film, jangan cuma nonton mulailah membuat sebuah film kecil-kecilan (contoh : film dokumenter). Seperti bang @benakribo yang sukses berawal dari blog dan film kecil-kecilan.
  6. Kalo lo suka kebut-kebutan, mendingan ikut Cornering-Indonesia (disana bakal diajarin menari indah di setiap tikungan)
  7. Kalo lo hobby nyanyi dan foto-foto atau film diatas, mulaialah ber-soundcloud ria, youtube dan instagram. Insya Allah foto-foto lo nggak dijadiin cover yasin kok.
  8. Kalo lo hobby nge-game, mulailah membuat game jangan cuma bisa main dan buang-buang waktu. Game lo bisa dijadiin game buat android bahkan i-pad.
  9. Kalo lo hobby ke distro, mulailah membuka peluang bisnis (buka distro sendiri)
  10. Kalo lo hobby sms-an, mulailah jualan pulsa -___-
  11. Kalo lo hobby ngerjain fisika dkk, mulailah banyak mengerjakan latihan-latihan soal (siapa tau bisa ikut olimpiade nantinya)
  12. Kalo lo sering main remi, mulailah bergabung dengan komunitas Bridge Indonesia
  13. Kalo lo stress, galau, pergilah ambil wudhu dan membaca Al-Qur'an

              Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa mengisi waktu luang kita. Untuk yang nomor 12 kenapa harus begitu ? (FYI : Lantunan Al-Qur'an mempunyai khasiat menyambungkan sel dan saraf-saraf yang disconnect di otak kita). Fungsinya sama seperti suara burung, gemercik air dan lagu-lagu klasik seperti beethoven dll. Lalu wudhu dapat menghilangkan rasa pusing dan amarah. So ? Tertarik buat nyoba nggak ?

             Sebagai ABG SMA gue juga nggak lupa kesehatan kok, seengak-enggaknya dalam satu minggu ada satu hari buat olahraga, dan khasiatnya banyak (terutama buat jomblo). Jadi mblo, lo mau ikut gowes bareng nggak ?

Pokoknya TOP deh mblo !

Ayo mbloo buruan gabung bareng kite !
              Dan finally kisah ini berakhir men, pesan-pesan terakhir gue buat kita semua selaku ABG SMA Zaman Sekarang. Sudah saatnya kita merubah sudut pandang negatif menjadi positif. Tetap pegang terus prinsip from zero to hero, cause everyone can be a hero. Jalanin hidup seindah kata-kata The Golden Ways. Dan jadilah ABG SMA yang berprestasi walaupun hanya sekedar Juara Panjat Pinang Tingkat RT/RW. Tetap semangat, dan yakinlah bahwa kita adalah Sang Juara !

Image : @SonnyBryzher

 "Senja kali ini ditutup dengan rasa bersalah, semua penyesalan atas dosa-dosa yang dilakukan. Semoga semua Rahmat dan Lindungan-Nya masih senantiasa mengalir ditiap-tiap jiwa kita semua."

Salam Generasi Muda Sehat,

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

9 komentar:

  1. huaa itu hebat betul prestasinya :D
    yup bener banget dah kalo banyak kok hal positif yg dilakukan para ABG SMA zaman sekarang tapi kurang terekspos aja ke khalayak umum :D
    salam solid ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak ninuk PERTAMAX nih hehe. Iya mbak rata2 kan orang hanya melihat sisi negatifnya aja, padahal kalo kita telusuri lebih dalam ABG SMA punya potensi yg besar untuk terus berkarya :)

      Salam solid juga ya, KEDUAX !

      Hapus
  2. masa SMA itu masa paling menyenangkan kata orang..

    tapi menurutku sama aja dengan masa SMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm agak beda ya, masa SMA lebih bebas dan pola pikir kita pun udah sedikit lebih dewasa hehe. Makasih udah baca ya.

      Hapus
  3. waw, itu medalinya buset ya gan.. abg skarang bisa lebih berprestasi kalo aja pihak terkait lebih memerhatikan dan mengayomi para abg agar dapat mengembangkan diri sesuai bakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya keren banget kan ? Udah juara bolak-balik tuh. Hmm iya seharusnya infotaiment juga meliput ABG berprestasi bukan hanya artis2 yg kunjung tak jelas. Masa sakit biasa aja sampai diliput segala, padahal kan sma2 manusia.

      Btw makasih ya udah baca :)

      Hapus
  4. hihihi tulisannya bagus, dan tips"nya berguna tuh hehe
    salam solid yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih ya udah baca :) Salam solid juga.

      Hapus
  5. Salam kenal, senang bisa baca tulisan adik, bagus juga, selamat atas prestasinya ya. Semoga adik selalu berjalan yang positif, jangan sampai belok ke negatif. Kalau ada waktu silahkan kunjung balik ke OBYEKTIF.COM makasih.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...