Black Moustache

Jumat, 25 Januari 2013

Ayo jadi artis, kalau emang udah kebelet eksis !

Anda selalu menjadi pengecut ?
Tidak pernah punya teman setia ?
BAB kurang lancar ?
Ukuran titit mengecil ? 

"Yah dia mah sapa sih yang nggak kenal, sejagat raya juga kenal dia" Sahut cewek disebelah gue.
"Iya tuh betul, dia mah ngeksis bukan eksis"  Kata temennya.
"bener, bener, bener mending juga pakai simpati ya hehe" Temen dari temennya minta ditabok.
"Ohhh ndas obeng !!"

Saat itu gue lagi nongkrong-nongkrong gaul dipinggiran sevel yang terkena banjir jakarta koridor kelas. Gue menemukan cewek-cewek asoy geboy yang sedang membicarakan eksis, kira-kira ukuran bh nya 36b lah (eehh kok malah cerita dewasa ?). Sebenernya mereka itu gosip atau promosi kartu perdana sih ?

Tidak dapat dipungkiri, semua orang termasuk kaum alay, remaja ababil dsj (dan sejenisnya) membutuhkan status dan kepopuleran. Berdasarkan ilmu psikologi yang gue dapet dari kertas bekas bala-bala "Remaja adalah usia dimana seseorang membutuhkan perhatian lebih, guna menemukan jati dirinya". Jadi nggak salah kalau dimana-mana gue sering denger "Iyaa tau anak eksis !" sapa temennya. Pertanyaan gue, mau ditaruh dimana ayah-ibunya ? 

Semua remaja ingin mendapatkan kepopuleran, baik di dunia maya dan di mata Luna Maya. Baik di dunia nyata maupun di mata Harry Panca. Bagi anak sekarang meskipun "wajahmu mengalihkan dunia lain" semua tetep lancar asalkan populer di sekolah. Sedangkan anak buangan, atau siswa/siswi yang tertukar selalu menjadi sampah di sekolah. Menurut gue ini sama sekali nggak bener, kita itu nggak boleh rasis. "Semua orang juga punya hak, kesempatan untuk mendapatkan hal yang sama." - Ibu Risma, walikota Surabaya. Hanya bagaimana seseorang mengambil kesempatan tersebut atau tidak, itu intinya. Semua orang bisa jatuh cinta, tapi apakah mereka bisa menyatakan perasaan cintanya ?

Tapi, semua umat manusia diciptakan dengan pandangan yang berbeda. Contohnya temen gue dengan inisial "R" dia bilang "Aku nggak bakal nyari orang lain untuk sebuah kepopuleran, tapi biarkanlah orang yang membutuhkan dan mencariku" Kemudian dia dilempar high heels 40 cm. Memang nggak semua orang ingin populer, toh nggak gampang kalau udah jadi publik figur. Pasti jadi panutan kan ? Seandainya lo jadi Raditya Dika, berani nggak marah-marah sama lampu merah ? Kalau nggak langsung disorot sama semua media massa. Beda dengan gue, gue siapa ? Orang juga nggak ada yang tahu. Mau marahin lampu merah kek, ngedrop dia kek, nggak bakal disorot media. Iya asal tau aja, ketika telat masuk sekolah alasan yang gue pake adalah : "Lampu merahnya nggak ijo-ijo Bu !"

Tapi jangan berkecil hati, lo udah siap belum dikasih kepopuleran ? Yakin udah siap ? Tuhan pasti mempertimbangkan suatu hal ketika akan menganugerahkannya kepada umatnya. Jadi untuk menjadi populer emang nggak gampang, jangan sampai jadi kacang lupa kulitnya kalau udah populer. Orang sombong itu banyak, jadi orang rendah hati itu sulit..
Karena gue baik hati, tips yang akan gue kasih adalah sebagai berikut :

1. Jadilah Smart, Creative and Fun !
Kamu nggak perlu jadi seseorang yang rajin ngetweet setiap hari. Cukup jadi seseorang yang smart, kamu akan dikenal orang sejagat sekolah. Apa salahnya kalau kamu jadi ranking satu paralel ? Atau menang lomba olimpiade matematika-sains ? Debat bahasa inggris ? Nggak ada yang rugi toh. Kamu juga bakalan populer, cewek mendekat dengan sendirinya tanpa dikejar-kejar. Orangtua mu juga pasti bangga dengan prestasi yang telah diraih.

Gue emang nggak smart sih, tapi mencoba untuk menjadi kreatif. Semua orang itu bisa sukses, bisa ngeblog, gravity, jadi jurnalis, basket, fotografi. Itu bakat terpendam yang kita punya kan ? Apa salahnya mengapresiasikannya menjadi sesuatu yang membuat kita populer. Tekuni dan petik hasilnya ! Asalkan semuanya positif dan cobalah mencari dukungan dari teman-teman kalian.

F U N adalah karakter yang bernilai plus 10 di mata cewek. Masih nggak percaya cowok fun itu jadi idola cewek ? Cowok fun itu nggak bakalan jauh dari canda tawa anak sejagat sekolah. Asal jokes-nya mendidik, lucu dan nggak frontal. Kalau kamu emang tipe anak yang F U N, cobalah untuk selalu membuat situasi lucu meskipun saat ujian fisika. tetap jadilah F U N, bukan bertingkah konyol !

2. Ikut suatu komunitas, dan jadilah orang yang aktif !
Sebagai blogger, gue ikut komunitas Kancut Keblenger. Awalnya sih juga bingung, ini grup atau online shop underwear ? Keesokan harinya gue join grup !! Disana gue ketemu orang-orang yang kreatif dan asik buat di ajak ngelem ngobrol dan bercanda bareng. Selain bisa meramaikan blog, gue juga mendapatkan wawasan yang luas. Dari awalnya yang nggak tahu, lama-lama menjadi tahu, pak pos minta tahu.. Kotak pos mau jadi apa ? - Nostalgila

Selain blogger, masih banyak komunitas yang lainnya. Contohnya temen gue Bobby Bagus Prakoso, dia ikut komunitas cornering Indonesia. KOIN adalah komunitas yang mengajarkan balapan di suatu sirkuit, intinya lo bakalan di ajarin untuk belok miring sampai dengkul lo menghantam kerasnya aspal panas. Tentunya dengan skill dan sikil yang mencukupi, semuanya mempunyai teknik. Mulai dari body position, braking, dan lain-lain. Siapa tau lo bisa jadi pembalap ?

Abizar, salah satu temen gue juga dan dia sekaramg juga masih hidup. Gue takut aja dia mati abis makan lidi-lidi pedes yang ada di kopsis (lidi kok di makan ?). Abizar ini punya bakat shuffle dance, alhasil dia memperkenalkan ke anak-anak sekolah untuk bergabung shuffle dance. Hasilnya sekarang sekolah gue punya klub shuffle dance sendiri. Keren kan ?

3. Marilah jadi anak band..
Terkenal melalui suatu band adalah cara yang paling sulit menurut gue. Okelah semua orang punya skill yang hebat. Tapi apakah mereka cocok jika di satukan ? Ya nggak, mana ada yang badannya mau disatuin. Kembar siam nanti yang ada, parahnya lagi kembar sial !

Untuk sukses di band butuh perjuangan yang keras, dan punya anu yang keras juga. Gue juga awalnya nggak nyangka kalau ada suatu band yang bisa terkenal dan manggung di kafe-kafe, dahsyatnya lagi itu adalah temen gue sendiri. Kalau lo yang tau band metal pasti tau "Hated dieb" band asal Bekasi. Disono ada Dio Vallery, temen seperjuangan gue smp. Lalu "Born the angel" yang baru gue denger satu minggu, kemudian udah sering manggung di Surabaya. Parahnya lagi Bobby juga gabung sama band itu. Lalu "Straight Night" band asal SMPN 29 Surabaya ini kabarnya udah bisa manggung di antv. Meskipun cuma beberapa menit.. kasian.

Emang sumpehh nggak gampang jadi anak band, apalagi kalau lagunya nggak enak. Banyak temen-temen gue yang BAYAR buat manggung di suatu event. Sekali lagi mereka manggung itu BAYAR bukan DIBAYAR. Tragis bukan ? Serem..

4. NULIS BUKU !!!
Ah ini emang hal yang nggak pernah terpikirkan dalam benak gue. Liburan kemarin udah gue habisin buat nulis draft novel komedi, dan dapet 115 halaman hvs A4. Gue juga belum tau kapan mau ngirim naskahnya ke penerbit. Gue masih nyusun ceritanya dan menyelipkan komedi-komedi kecil di setiap cerita tentang kehidupan sehari-hari.

Sementara itu temen-temen blogger gue udah banyak yang nulis buku, gue juga kaget. Kayak mas aih, siluman capung, semut boy, dan orang lain yang gue belum tahu apakah mereka nulis buku juga. Jadi buat kamu yang punya bakat nulis, apa salahnya buat mengembangkan ceritamu. Gue suka dan terinspirasi sama mas Alitt Susanto yang ternyata punya masa kecil buruk. Tapi dia survive, meskipun naskahnya bolak balik dikacangin dan bahkan nggak laku.. sumpeh ane jujur. Tapi dia nurut kata Ibunya yang seorang tukang jamu di Batam, gue suka benget kata-katanya. Gue terharu, gue nangis berlian, muntah koin emas..

"Jika ilmu sudah di kepalamu, maka masa depan ada di tanganmu"

Intinya kalau kita udah punya banyak flying thoughts, jangan cuma disimpen di kepala. Tapi mulailah berusaha, dan berlari. Hidup itu nggak mudah, dan nggak ada hidup yang gampang meskipun lo anak anggota dewan DPR. Kita harus berusaha, dan diiringi doa untuk menuai hasil yang bahagia !

5. Jadi bad boy !!!
Terkenal juga bukan karena kebaikan aja, tapi seseorang juga bisa terkenal melalui kenakalan.

"Eh katanya anak cowok kelas sebelah masuk koran !"
"Wihh aji gile, kerennn !"
"Keren apaan -__-"
"Lah emang kenapa ?"
"Dia masuk koran gara-gara kena kasus narkoba"
Kemudian ada hening berkepanjangan

"Eh lo tau ini nggak ?"
"Oh yang katanya udah nggak suci lagi ya ?"

"Siapa sih yang nggak tau dia !"
"Iya, dia kan selalu ada di frontline pas tawuran."
"Ngapain emangnya ?"
"Katanya sih dia anak akuntansi, ngedata gitu"
"Kayak gimana ngedatanya ?"
"Iya dia tanya WOI ANAK MANA LO ? terus dijawab bantargebang !! ya itu langsung dicatet sama dia"
"..." Gigit jempol kaki.

"Kenal dia nggak ?"
"Ohh yang jualan siomay pakai boraks itu ya ?"

"Lo tau nggak sih ini siapa ?"
"Itu kan yang ngehamilin kucing gue.. hiks hiks.."

"Yang sebelah kiri darimana ???"
"Pondok Indahh..."
"Yang sebelah kanan darimana ??"
"PONDOK PESANTREN !!!"

6. Terakhir,  cerita tentang manusia milenium.
Siapa sih yang nggak tau manusia milenium ? Manusia milenium sekarang adalah manusia yang super duper heboh. Kemana-mana mesti update bbm, beli siomay aja download di google apps, parkir bayar pake follow twitter, mau mandi aja update foursquare. SIAPA COBA YANG NGGAK TAU ?

Semua orang pasti baca dan liat aktivitasnya, kemanapun kaki melangkah pasti ada check in facebook, update twitter location, check in foursquare, update pm BBM. 

Semua ini bisa bikin orang jadi terkenal, terkenal alay maksudnya.. Ya namanya juga 2013, dulu cewek kemana-mana megang talenan. Sekarang kemana-mana pegangannya i-pad. Dulu cowok bawaanya dagangan asongan cangcimen (kacang, kuaci, permen) sekarang.. Kamera DSLR selalu ngegantung di leher. Meskipun hasil fotonya adalah foto manyun di cermin toilet mall. Yah namanya juga idup, ada aja yang minta diperhatiin. Pacar aja suka ngamuk kalau nggak diperhatiin.. Termasuk monalisa paris yang udah gaul sekarang.. Check this out !!


Buat kalian yang punya cara ngeksis lain, share di komentar box yaahh..

- @fadhlizaky -
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

14 komentar:

  1. Haha setuju deh sama postingannya, kalo gue gak mau tenar/populer, gue cuma mau saat gue meninggal nama gue masih dikenang (itu lebih dahsyat dr pada harus jadi populer)..

    Nice Post :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah si lutfi pertamax -__-"
      Haha iya tuh bener lut, berarti lo bisa jadi pahlawan, professor, dan orang yang baik sepanjang massa :)) Thanks !

      Hapus
  2. wah, bnayak banget tipsnya ya, kalo jadi anak band, kayaknya ane ga mau, bukan karena suara ane jelek, bagus malah untuk nyanyi, tapi memang ga minat,

    kalo selallu fun, bisa juga tapi jangan terlalu over, nanti aura kedewasaannya bisa ilang,

    kalo jadi bad boy, ane ngga mungkin, soalnya unyu dan ganteng,

    kalo nulis buku, wah, sedang nulis nih, doa in aja supaya bukunya selesai
    \(^_^)/

    pengen jadi artis juga :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha yaudah lo jadi penulis aja, gitu aja kok repot :D

      Hapus
  3. kayaknya ada gue tuh :p .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha, gue udah download tuh yg roda-roda cinta

      Hapus
  4. beuhh... mau sih jadi artis *eh ngarep

    tapi ga sampe ke yang terakhir itu...
    "itu" nya gede banget.. pake silikon ya?
    eh itu gambar siapa sih? gede amat..
    udah ada yang punya?
    anyway PERTAMAX DEH buat yang ini.. salam kenal yoww.. blog gue www.jombloabsurd.blogspot.com silahkan melipir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ya monggo monggo
      Wah wah itu monalisa bukannya ya ?

      Hapus
  5. blognya asik, aku suka
    tips nya berguna :)

    BalasHapus
  6. komunitas? gw suka ikut kopdar aja :D
    nambah temen tapi pemalu hihihi

    nice bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya asik kan, gue pengen banget ikut kopdar KK. Tapi yang di Surabaya, kapan ya ? Hmm

      Hapus
  7. gaada jadi boyben bro? anak anak kan sampe ud4h ng3b3t b4ng3t j4d1 boyben hahahahaha -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha nggak ah, boyband yg pakai baju sampai dada kayak mau menyusui itu ? Hii serem..

      Hapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...