Black Moustache

Rabu, 30 Januari 2013

Kerancuan Bahasa Indonesia

Banyak hal-hal kecil yang kadang kita abaikan, padahal hal kayak gitu yang sebenernya punya dampak yang parah untuk kedepannya. Misalnya buang sampah sembarangan, kencing sembarangan, ini semua bisa bikin banjir. Parah deh parah..

Selain hal di atas, masih banyak hal-hal kecil yang berakibat sangat buruk untuk kedepannya, Salah satunya adalah bahasa, bahasa nggak pernah luput dari kehidupan kita. Mulai dari menyatakan cinta kita butuh merangkai kata, bahkan sampai berkata-kata kotor pun pasti mikir dulu. Meskipun gue udah tau kalau yang keluar adalah isi kebun binatang.

Bahasa yang kita pakai adalah bahasa Indonesia. Semboyan yang kita pakai adalah berbeda-beda tetap satu jua, sama kayak bahasa indonesia di setiap pulau artinya pasti beda-beda. Kerancuan Bahasa Indonesia ini meskipun kecil tapi bisa bikin stress, lompat dari atas kursi, gigit-gigit meja kalau dipikir-pikir.

Pertama, bahasa orang Kupang atau Nusa Tenggara Area jauh berbeda dengan bahasa di pulau Jawa. Ketika lo nanya "Bapak sudah makan belum ?" dia bakalan jawab "belum sudah". Ini yang bener BELUM atau SUDAH ? Repot kalau kita open house dan ketemu orang Kupang nanti..

Kedua, di Jakarta es teh manis udah merajalela. Mulai dari orang galau, anak kecil, lansia, alay semuanya pernah minum es teh manis. Kalau temen lo tinggal di Jakarta belum pernah minum es teh manis, tolong ajak dia minum. Kasian kan es teh manis aja belum pernah minum, sebenernya dia kalau makan minumnya apa ? Air aki ?

Es teh manis namanya kalau di Jakarta, di Tapanuli tengah namanya manis dingin...

Ketiga, ada arti yang berbeda antara dua kata. berbeda dalam konteks dan artinya. Contohnya adalah buah tangan. Buah tangan artinya oleh-oleh, tapi kalau buah dada ? Artinya ya buah dada, bukan kiasan atau yang lainnya.

Sama kayak larangan di Indonesia, semuanya bermacam-macam dan punya arti yang berbeda-beda. Ada yang bilang "DILARANG KENCING SEMBARANGAN" atau "MOHON JANGAN KENCING SEMBARANGAN" dan kata-kata super yang baru gue temuin adalah "HANYA ANJING YANG KENCING DISINI !!!". 

Terakhir, banyak bahasa Indonesia yang kurang lengkap bahkan ada yang hilang. Ini bahasa aja bisa ilang apalagi pacar ? Bego banget daaah.. Setiap kata pasti punya kata ganti dalam bahasa Indonesia. Contohnya adalah, Ke atas = naik, ke bawah = turun, lah kalau kesamping ? Ada atau nggak nih ?

Ada lagi kalau kedepan = maju, ke belakang = mundur, ke dalam = masuk lah kalau keluar ? Apacoba ? Keluar ya keluar, nggak ada kan ?

Begitu juga dengan kata tadi malam, tadi malam bisa digantikan dengan "semalam". Tapi kalau "tadi pagi" nggak enak kan kedengerannya kalau jadi "sepagi", "sesiang", atau "sesore". Gue juga nggak tau kenapa kata-kata ini cuma ada pas malam aja..
Jadi sekarang udah tau kan kalau bahasa Indonesia itu masih rancu ? Makanya pendapat guru Bahasa Indonesia di setiap tempat itu berbeda-beda tapi tak sama. Jangan disepelein, hal-hal kecil kayak bahasa ini. Hal lain yang bisa berdampak buruk adalah nggak bales bbm pacar, sms pacar nggak dibales tapi malah twitteran, dan lain-lain. Hal-hal kecil tersebut MEMANG KECIL di mata cowok, tapi buat cewek itu udah bisa bikin bete seharian.

Dan gue lagi mangkel sama google, ketika gue ketikkin tulisan "MANTAN" dia bilang :


Makasih udah baca, gue @fadhlizaky pamit. Kalau ada kata-kata lain yang rancu share di kotak komentar yaa, jangan malu-malu..
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

7 komentar:

  1. uwaw iyaya? seperti kata galau lho sebetulnya arti asli dikamus beda bgt sama artian gaulnya .--.

    btw anda kangen mantan ya? .___. ehe ehe *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya baru nyadar juga sih hehe. Ya nggak sih, orang kangen mana pernah ngaku ? haha

      Hapus
  2. klalo di medan, *ane manatan pekerja di rumah makan padang, es teh manis/teh manis dingin/manis dingin/mandi , sama semua

    kalo di medan, semalam=kemarin

    kalo menurut ane, selama itu bisa jalin komunikasi yang baik dan sopan, ngga apa-apa deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh jadi gitu hehe, beda jauh ya semalam=tadi malam sama semalam=kemarin :D

      Hapus
  3. mantan dibawa2 bang? ngahaha.. salam kenal ye gue KK baru:D

    BalasHapus
  4. Kesamping dan keluar adalah misteri yang belum dapat dipecahkan hingga saat ini. #salahfokus ( ._.)/|

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...