Black Moustache

Sabtu, 27 Oktober 2012

GalauTime #6

                  "Om gaul banget sih om, udah berapa gadis digauli om ?" Denger kata-kata ini gue jadi inget remaja-remaja labil yang masih galau padahal udah nggak galau. Jadi nggak enak gue soalnya udah banyak yang nungguin galautime terbit. Harusnya ini sih sabtu kemarin, berhubung gue lagi nggak fit, galau (FYI aja, kalo lagi galau gue nggak mungkin ngegaulin orang lain, eh maksudnya ngegalauin orang lain). Akhirnya galautime terbit juga malem ini.

Bicara tentang cinta emang nggak ada abisnya, dalam cinta banyak hal-hal yang mustahil dan nggak masuk akal. Ya itulah cinta, kasih sayang yang begitu sempurna. Saat cinta hilang, logika mulai mengambil alih cara berpikir kita, mengalahkan emosi dan keajaiban.

Bicara tentang pelajaran, emang nggak ada abisnya juga. Sialnya lagi nggak ada keajaiban dalam pelajaran, yang ada cuma logika, logika dan logika. Oke malem ini kita akan mengangkat tema "Pelajaran yang bikin Galau".

                    Sebenernya sih bukan masalah pelajarannya, tapi nilainya yang bikin galau. Tidak dapat dipungkiri lagi manusia selalu mencari kambing hitam, kasian kambing putih dianggurin. "Kita salah, kita nyalahin orang lain. Nilai jelek, kita nyalahin scanner. Ya itulah remaja, menarik bukan ?"

Pernah nggak kita berpikir jauh, jauh, jauuuh banget di alam bawah sadar sana. Dimana banyak flying thoughts yang mengandung banyak miracle didalamnya. Harapan yang indah, namun hanya sekedar pemikiran dan nggak lebih dari itu.

                   Sering nggak sih kita punya planning, kita wujudkan, tapi gagal ? Sering nggak sih kita mikir ini, pengen ngelakuin ini, tapi nggak kesampean. Sering nggak sih kita berharap bisa jalan sama dia, bisa bahagia sama dia tapi kenyataanya dia bukan milik kita. Atau mungkin kita nggak bisa bikin dia bahagia.

Lalu, apakah Tuhan nggak adil ? Tentunya bukan itu permasalahannya. Kalo kalian udah baca galautime sebelumnya, pasti tau bagaimana cara Tuhan menjawab doa kita.

***

                    Pernah nggak sih kita udah belajar, baca buku capek-capek ? Ternyata pas ulangan materinya nggak keluar, what a fucking php ! Pernah nggak sih, baru aja kita bahagia, besoknya langsung ngedrop lihat nilai rapot merah-merah ? Ah semua itu sungguh sangat tidak adil bukan ?

Sekarang gue tanya, berapa jumlah nilai mata pelajaran lo yang nggak tuntas ? (alias dibawah kkm, dibawah skm)

Sedih nggak ? Galau kan ? Sekarang siapa yang salah ? Pasti kalian jawab :
  GURUNYA ? atau SCANNERNYA ?




Pasti bilang gitu kan, nggak mungkin lo nyalahin diri lo sendiri. Dari sini lo udah tau, siapa musuh terbesar lo. Siapa coba ? Ya elo, diri lo sendiri men.

Diri lo sendiri selalu merasa hebat, bisa walaupun selalu gagal, selalu salah. Diri lo sendiri yang menghalangi apa yang mau lo tuju. Oke gue ulangi, musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri.

                 Bisa di analogikan kita liat cewek cantik di mall nih, pengen kan kenalan gitu. Oke cuma kenalan doang. Emosi lo bilang udah langsung aja deketin, siapa tau kedepannya bisa jadian. Tapi logika bilang, jangan bos nanti kalo dicuekkin gimana ? Nanti kalo dia bilang "ah sksd lo", nanti kalo dia udah punya pacar gimana ? Akhirnya lo cuma bisa mikir, berkhayal dan nggak jadi kenalan. Dan parahnya lo bilang lo udah sukses, sukses nggak jadi kenalan karena lo mikir paling juga dia nggak mau kenalan sama lo.

                Salah sumpah ini salah banget, inilah yang disebut kalah sebelum berperang. Begitu juga dengan pelajaran, lo mikir malem ini harus belajar. Tapi logika lo bilang, ah paling juga besok materinya beda sama yang gue baca, besok nyontek temen aja deh, mending gue lanjutin main gamenya.

Inilah kesalahan terbesar lo, ya diri lo sendiri. Harusnya lo nyoba dulu, dan lihat hasilnya. Bukannya langsung keok sebelum berperang. 

                 Khawatir itu boleh lah, tapi optimis harus. Lebih tepatnya lo harus belajar apa itu husnudhan/positive thinking. As far as I know, husnudhan udah bikin hidup gue lebih nyaman tanpa dendam dan emosi yang meluap-luap. Jadi mulai sekarang, belajarlah husnudhan, optimis dan akhlak-akhlak baik lainnya men.

***

                Udah tau kan siapa sih musuh yang menghalangi kesuksesan lo selama ini ? Yap diri lo sendiri, lo harus banyak instropeksi lagi. Lo harus belajar lewat cemoohan, abaikan lah pujian-pujian yang cuma bikin kita lemah.

               Inget hari ini adalah rezeki yang kita peroleh dari kerja keras kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini. Kalau lah esok hari tak sebaik hari ini, maka kau telah gagal untuk maju selangkah menuju titik terbaik.

Pesan gue hari ini : "Janganlah kau berlari terlalu cepat namun kehilangan banyak tenaga di saat klimaks, tapi berlarilah secukupnya dengan stabil dalam melewati semua rintangan yang ada. Lubang-lubang yang kau telah lewati adalah pengalaman untuk esok hari, janganlah engkau terjatuh di dalam lubang yang sama. Teruslah berlari, dan wujudkan semua pelangi di mimpi-mimpi indahmu kawan." - FAZ

Sampai disini kalian pasti udah tau kan kemana harus melangkah ? Udah tau kan siapa musuh siapa kawan ?

                 Sekarang gue mau bagi-bagi RAHASIA hal-hal/poin-poin penting dalam kehidupan.
Diantaranya adalah :

1. Be yourself, jadilah diri kalian sendiri. Bukan jadi yang orang lain inginkan, bukan jadi yang kekasih kalian inginkan, dan bukan jadi seperti orang yang orangtua kalian harapkan. Tapi wujudkanlah apa yang orangtua kalian harapkan. Buktikan kepada mereka bahwa kalian mampu meneruskan keturunan yang baik dan bijaksana.

2. Don't trust anyone, jangan pernah percaya siapa pun tapi percayalah pada diri kalian sendiri. Percayalah bahwa kalian mampu mencapai yang kalian tuju. Menolonglah sebelum meminta, karena mustahil jika kalian melakukannya sendirian. Sesempurnanya seorang manusia, tidak akan mungkin dia dapat menguburkan mayitnya sendiri.

3. Nowhere is safe, tak ada tempat yang aman di dunia ini. Maka bertindaklah hati-hati, jangan selalu bertumpu pada bantuan orang lain. Tentukan arah dan tujuanmu sendiri, bukan mengikuti tujuan orang lain.

4. Bergaulah dengan orang-orang kecil, karena orang-orang kecil akan membesarkan nama mu di kemudian hari. Jika tidak ada orang dibawahmu, maka kau tak akan pernah menjadi orang besar.

5. Dekatlah kepada Tuhanmu, milikilah akhlak yang mulia, percayalah akan keajaiban dan mukzijat dari Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT lebih dekat daripada yang kau perkirakan.

6. Forget your plans, or make plan A, plan B, and plan C. Semua yang kalian perbuat di dunia mutlak untuk diulang kembali. Berpikirlah panjang dan cepatlah mengambil keputusan. Namun ingat jangan tergesa-gesa, pikirkanlah resiko yang akan kalian terima. Jika Plan A gagal, maka laksanakanlah Plan B, namun jika Plan B keluar dari jalannya, cepatlah menyusun dan laksanakan Plan C yang tidak boleh gagal. Now or Never !

7. Take it easy ! Kalian boleh marah, boleh menangis. Menangislah sebentar namun janganlah berlama-lama dalam kesedihan. Penyesalan itu selalu ada, maka cermatilah, pahamilah, dan tentukan apa yang akan kalian tuju. Yang berlalu biarlah berlalu, anggaplah kalian selalu membuka lembaran baru di setiap titik kegagalan. Ada saatnya kalian melangkah maju untuk sukses, dan ada kalanya juga kalian harus mundur dan menyusun rencana selanjutnya.

Sampai disini dulu, gue tau kalian capek ya bacanya ? Inget lusa udah hari senin, ambil hal yang baik dari galautime ini dan tinggalkan yang buruk. Have a wonderful weekend dan Wassalam.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

13 komentar:

  1. weeee *prok-prok* setuju banget, lawan terbesar sebenernya adalah diri kita sendiri, soalnya tiap waktu kita bergejolak mulu sama ni atiiii aha aha ekh itu ngomong2 kan sekolah ada silabusnya, belajar aja yang itu dudu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehe, pasti hati kecil selalu punya pendapat sendiri. Kalo mau tau lebih jelasnya ini konflik emosi & Logika pada diri kita.

      Hapus
  2. KEWREEENNN !! gue juga selalu berpikiran gitu kalo ada UTS atau UAS kampus, ngapain belajar, paling gue gak dapet A, dan emang beneeer biasanya. Tapi ya emang kita kudu kuat ngelawan diri kita sendiri, kalo gak ya kita gak akan pernah maju :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah itu kan bukti nyatanya haha, setuju deh.

      Hapus
    2. Nah...setuju sama bang rigilblog deh...wkwkwk....keren fad..tag nak cahya broo

      Hapus
  3. barusan baca semua postingan di galautime, awalnya aku sempet bingung, ini yang nulis cowok apa cewek ya?? ambigu banget soalnya yg nulis beginian kebanyakan cewek :D
    tapii keeeereen artikelnya, aku aja yg gak lagi galau jadi ikut2an galau pas baca postingan pertama samapi ke 6 hahahaa

    kunjungi blog ku juga yah www.collectionecha.blogspot.com masih newbie nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang namaku kaya nama cowok ya ? Hah ? Cewek mana yang bikin beginian haha. Cie galau ciee

      Hapus
  4. Kambing hitam dan kambing putih ya..
    kwkwkwkk

    Tapi asli keren banget dan setuju dengan semuanya..
    Huznudzon, kadang kita udah memvonis diri kita duluan dengan hasil-hasil yg negatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya men.
      Naaah makanya itu kudu pinter2 mengendalikan diri, selalu husnudhan lah pokoknya, positif thinking.

      Hapus
  5. gua setuju banget dengan lo sob

    massadaw.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Kereeeeeeeeeeen... gue berasa disentil nih...

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...