Black Moustache

Sabtu, 30 Juni 2012

Cara Membuat Blog Tampil Lebih Cepat (Rahasia)

Ilustrasi cacad
                Oke men yang mau blognya cepet ? Yang mau blognya tampil Cepet ? Rugi kalo nggak baca thread ini hehe. Dalam tutorial kali ini saya akan membuka rahasia dan tips-tips agar blog tampil lebih cepat. Khususnya blog yang berplatform blogspot, untuk wordpress saya tidak menguasai (jujur nih gue) hehe. Terus apa aja sih hal hal yang mempengaruhi loading blog kita ? Check it out !

1. Widget
           Perhatikan widget yang lo pasang di blog, jangan memasang widget secara berlebihan atau widget tidak penting/unimportant. Karena ini akan mempengaruhi loading blog lo juga. Perhatikan widget berikut :
  • Jam, jam dinilai tidak penting karena di bagian taskbar komputer sudah ada jam. Jadi buat apa lo masang jam di blog, ini nggak terlalu penting ya. Mending lo hapus deh widget jam dari sekarang.
  • Kalender, begitu pula dengan kalender. Kalender juga tidak penting, sama seperti jam. Jangan bilang dengan tujuan mempercantik blog, lo masang kalender yang gedee banget tapi pengen loading blog lo cepet, yaa sama aja bohong kali. Oke men mulai sekarang remove widget kalender.
  • Widget iklan, banyak yang cari uang melalui widget iklan ini. Nah saran gue hjangan pasang iklan yang berlebihan karena akan berpengaruh ke loading blog (mungkin SEO juga) CMIIW, Dan kasian juga kan yang liat blog lo harus dicekokin iklan-iklan yang merusak mata.
  • Widget backlink dan external link, jangan terlalu banyak pihak ketiga yang tampil di blog kita. Maksud gue ya backlink, kalo bisa pasang backlink di halaman tertentu jangan di postingan atau halaman awal/beranda/home. Boleh sih, asal jangan berlebihan yak !
  • Nah buat lo yang mau pasang banyak widget tapi mau loadingnya cepet, mendingan pake cara menghemat widget dengan scroll box. Nah ini bisa di pake buat menampilkan counter histats, alexa traffic rank, dan yang lain-lain. Silahkan baca artikel ini Cara Menggabungkan Widget dalam 1 Scrollbox.
2. Template Blog
          Untuk template blog, gue saranin pakai yang dari blogger aja karena simpel. Kayak gue nih template jendela gambar, atau silahkan download template SEO friendly. Saran gue pake yang kayak gue aja, udah banyak kok yang pake dan hasilnya bagus-bagus. Dan perhatikan hal berikut :
  • Sidebar blog, untuk sidebar gue saranin untuk pake yang 1 kolom aja dan letaknya disebelah kanan. Ini akan otomatis mempercepat loading blog, daripada lo pake 2 kolom (kanan-kiri) selain lemot jadi nggak fresh gimana gitu crowded lah pokoknya. Masalah penempatan sidebar disebelah kanan, entah ini mitos atau apa (gue belum tau kenapa) penempatan sidebar disebelah kanan lebih cepat tampil dibanding sidebar di sebelah kiri.
  • Compress Template lo, hal ini paling penting nih men. Untuk mengompress template silahkan baca artikel gue yang  Cara Mengompres Ukuran Blog (100 % TERBUKTI) atau lo bisa pake link ini yang berguna juga untuk mengompress blog Klik Disini Untuk Mengompress Blog. Nah disana lo tinggal copy-paste isi template lo aja terus di compress deh. Ambil  hasil compressanya dan pastekan ke Template lo.
3. Tampilan Blog
           Banyak nih gue liat di blog blog orang masang musik, salju-saljuan atau efek daun berjatuhan. Nah dari sini kita bisa liat bagaimana loading blog mereka ? Kalo gue nilai sih ya rada lemot sih nggak cepet banget gitu tampilnya. Coba deh simak :
  • Kursor blog, hindari memasang tulisan berputar-putar di kursor blog. Gue udah nyoba dan hasilnya adalah.. sangat tidak memuaskan. Iya kalo koneksi lo cepet, kalo buat yang koneksi lemot ? Kan kasian di mereka. Jadi gue saranin NO ! Lebih baik lo ganti tampilan kursor blog aja deh dengan membaca artikel gue yang Cara Merubah Kursor Blog.
  • Hindari memasang video atau musik streaming yang otomatis di puter. Ada nih blog temen gue yang masang lagu di blognya nah otomatis kan ada bufferingnya atau apalah CMIIW (koreksi jika salah) ini bikin loading blognya jadi lama. Dan bikin blognya berat atau gendut isitilahnya hehe.
  • Hindari memasang alert pesan di blog, emang sih menurut lo blog lo bakalan keren. Tapi faktanya alert di log bikin pengunjung/visitor ribet pas baca postingan kita. Selain ribet ini juga bikin loading lama alias lola. Jadi jangan pasang deh alert-alert begituan.
  • Hindari Memasang Teks Berjalan (secara berlebihan), pemasangan teks berjalan/marquee juga memakan waktu untuk loading. Jadi mendingan gak usah pasang ya kalo mau tampil superr cepat. 
  • Direkomendasikan untuk mengompres ukuran foto, agar blog tampil lebih cepat (karena tidak terbebani oleh foto). Lo bisa baca Cara Mengompress Ukuran foto di Blog
  • Untuk tampilan home/beranda, gue saranin hanya menampilkan post maksimal 5 (itu juga udah berat banget) mending kalo bisa lo pasang 2 aja bahkan 1. Caranya adalah buka setelan > Post dan komentar > tampilkan sebanyak mungkin > 3 posting dihalaman utama.
seperti ini nih gambarnya
4. Postingan Blog
              Hal ini wajib banget deh lo perhatiin. Untuk postingan, gue saranin jangan PAKE GAMBAR YANG GEDE-GEDE. Maksimal lo pake ukuran medium aja, kalo nggak jelas bilang ke pembaca "Jika Gambar Kurang Jelas Silahkan Di Klik" . Nah hal kecil ini membantu banget, karena gambar juga mempengaruhi kualitas loading blog. Kalo lo pengen ngecilin ukuran gambar supaya upload lo cepet baca postingan gue tentang Tips Untuk Mengecilkan Gambar/File. Dan simak juga ini hal berikut :
  • Pasang lah Read More di setiap postingan (WAJIB), selain mempercantik tampilan blog lo. Readmore juga bisa mempercepat loading blog loh. Kenapa ? Ya karena readmore menghemat tempat, dan otomatis cepet kan loadingnya. Jadi pasang deh pasang ajaa, gak ada dampak  negatifnya kok. Dan ini gampang, nih baca aja artikel gue yang Cara Mudah Membuat Readmore.
  • Jangan kebanyakan label, oke ini udah terbukti di blog gue dan temen gue. Katanya sih setelah dia meminimalisasi atau mengurangi label-label pada postinganya. Blognya tampil lebih cepat. Jadi silahkan coba, ini nggak ada dampak negatifnya juga kok.
5. Pakai Lazy Script Untuk Template Anda
             Oke untuk ini sedikit hati-hati karena gue gak begitu menguasai, lebih baik lo backup dulu template lo sebelum melakukan hal dibawah ini. (FYI : Lazy script berfungsi untuk meringankan bobot blog hingga loading cepat karena browser di perintahkan agar tidak membaca gambar-gambar yang ada pada blog kita). Nah jadi definisi garis besarnya gitu men, jadi saran gue ikutin aja apa kata hati lo. Dan caranya adalah :
  • Buka Template > Edit HTML > Lanjutkan
  • Cari kode </head> (gunakan CTRL + F dan tuliskan </head> agar lebih cepat)
  • Paste kan kode berikut sebelum atau diatas kode </head>
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/> <script charset='utf-8' type='text/javascript'> $(function() { $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder : &quot;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhilI1CpYeT-udVbVsSCqse-4pJSicuttuQl0rsdKgYVuRS6SLIRhP7nOkwIOKEGLLXBqUR8YQfftLIUNYlH3RXEzQVgYh52AoSrPzmOY9KY0BOY8bH2KlkGh9xYoQeYQpXtlqwCMhwiTs/&quot;,threshold : 200}); }); </script> 
  • Terakhir, Klik Simpan dan Nikmati selagi hangat ! 
6. Hindari Script-script Nggak jelas
                 Apa ya script yang gak jelas itu ? Ya kayak script salju-saljuan (FYI : Dulu gue pernah nyoba di blog gue yang lain, eh malah nggak bisa di scroll ke bawah akibat pasang beginian). Yap tentunya script ini memakai pihak ketiga, jadi kalo lo nggak make ini. Insya Allah blog lo wooosssh ! Cepet deh pokoknyah. Oiya jangan pasang burung twitter yang terbang-terbangan juga atau kelelawar. Karena itu bikin loading lama, emang sih jejaring sosial juga berperan penting dalam mem-FAMOUS kan blog kite-kite. Tapi mendingan lo pake cara gue, yaitu menempatkan jejaring sosial (facebook, twitter) di header blog. Selain hemat tempat, mempercepat loading, ini juga bikin blog cantik nan imut seperti afikaa kali ya hehe. Selain itu lo juga dituntut untuk lebih kreatif, so daripada header nganggur mending baca nih artikel gue yang Cara Membuat Header Ngelink.

7. Ganti Domain blogspot.com dengan com
               Ini adalah cara terakhir, dan ini nggak sepenuhnya bisa ya. Tergantung sang penyedia domain, kalo lo pinter ya bisa dapet domain gratis dari lomba blog review atau cari-cari di google. Tapi domain berbayar lebih aman men, jadi tinggal pilih mana nih selara kau haha. Setelah diganti menjadi com, blog lo gue yakin lebih cepet deh loadingnya. Karena blog lo udah punya domain sendiri dan nggak bergantung sama blogspot lagi CMIIW.

              Nah sekian deh Cara Membuat Blog Tampil Lebih Cepat dan Tutorial Blog lainya yang keselip-selip, saran gue lo langsung rombak blog lo yak hehe. Tapi hati-hati dan mesti sabar, buang gadget yang nggak perlu, jangan kebanyakan banner flash, hindari backlink nggak jelas, jangan kebanyakan iklan, dan jangan lupa mengompress foto/file serta template blog lo secara lengkap men. Gue yakin lo bisa, buktiin kita anak Indonesia yang kreatif dan Blog bermanfaat bukan hanya sekedar copy paste dan menjadikan Blog sebagai mesin pencetak uang. Oke gue capek dan galau  upss nggak deh ahaha, iya maksud gue udah nggak ada yang disampein lagi, lo juga puyeng kan bacanya ? So wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam solid ! 


Tambahan :
Untuk Mengecek Kecepatan blog kalian silahkan baca Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Lengkap.

Administrator,
Fadhli Abdurrahman Zaky
           

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

16 komentar:

  1. ikut nimbrung.. sambil blajar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, dicoba-coba aja. Mungkin kalau ada yang kurang bisa menambahkan :)

      Hapus
  2. Keren nih tips-tipsnya... keep sharing sob!

    BalasHapus
  3. Your blog posts and articles are very interesting, for me added knowledge, keep your blog so I can visit again to see your blog posts and articles later,, thanks for the info

    BalasHapus
  4. wah mantap nih ilmunya, boleh di coba tipsnya kang

    BalasHapus
  5. saya udah coba lazyscript itu gan, tapi kayaknya gak ada perubahan di blog saya, apa cara saya yang salah ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang berhasil sih, kadang juga nggak. Soalnya tergantung koneksi sama susunan HTML juga, kalo mau lebih cepet pake template standar blogger aja terus diedit sendiri hehe

      Hapus
  6. gan, agar widget iklan di blg kita jadi ringan gimana caranya?

    BalasHapus

Komentar apa aja boleh, asal yang sopan ya. Biar semua kalangan bisa baca, dan nggak ada yang merasa dirugikan. Kritik dan sarannya gue tunggu loh :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...